Kenali Tarian Samba Yang Berasal Dari Brazil

Tari Samba merupakan tarian khas berasal dari Brasil yang udah terkenal akan pemain. Saking ikoniknya, tarian tersebut sering dibawakan pemain Timnas Brasil sebagai wujud selebrasi saat sukses mencetak gol dalam pertandingan sepak bola di event besar seperti Piala Dunia.

Tari Samba bisa dikenali bersama dengan langkah maju mundur sederhana. Secara berkelompok maupun berpasangan, para penari bergoyang memiringkan tubuh bersama dengan penuh semangat ikuti irama musik yang tak kalah energik, menyebabkan tarian tersebut menjadi lebih hidup.

Setiap tahun, tari Samba tetap ditampilkan dalam Carnaval Rio de Janeiro, karnaval Brasil yang diadakan teratur setahun sekali. Lewat karnaval ini, Brasil mempertontonkan pertunjukkan tari Samba yang indah kepada semua dunia.

Dijelaskan dalam buku Jelajah 50 Negara oleh Muti Sutojo, iringan musik tari Samba sendiri dimainkan secara tradisional bersama dengan senar dan bermacam instrumen perkusi seperti tamborin.

Sementara itu, genre musiknya banyak terpengaruh oleh budaya link sbobet Afrika dan orkestra Amerika. Ini bisa diamati berasal dari alat musiknya yang didominasi instrumen tiup, seperti terompet, klarinet, trombon, choro, dan flute.

Seiring bersama dengan perkembangannya, tiap tiap lokasi di Brasil punya ritme lagu, instrumen pengiring, bahkan type tarian Samba yang berbeda. Misalnya, Samba di Bahia banyak terpengaruh oleh drum dan lagu-lagu pribumi. Berbeda bersama dengan di Rio de Janeiro, di mana gerakan Maxixe menjadi ciri khasnya.

Sejarah Tari Samba dan Perkembangannya

Secara etimologi, Samba berasal berasal dari kata semba, bahasa Afrika yang artinya gerakan untuk menyentuh perut. Sumber lain menyebutkan, istilah samba juga erat kaitannya bersama dengan type tarian Afrika yang dibawa ke Brasil oleh para budak Afrika.

Mengutip laman Study.com, terhadap abad ke-16, pedagang Portugis membawa budak berasal dari Afrika Barat ke negara bagian Bahia di Brasil. Para budak tersebut mempertahankan tradisi istiadat tanah kelahiran mereka, tak jika tradisi menabuh dan menari.

Selama dua dekade, musik dan tarian tersebut sering dipertunjukkan dalam perayaan teristimewa yang diadakan oleh para budak dan mantan budak di Bahia. Pada abad ke-19, Brasi menghapus perbudakan dan keturunan budak pun ganti ke Rio de Janeiro.

Pindahnya para budak itu turut membawa tari Samba ke ibu kota Brasil tersebut. Tari Samba pun semakin berkembang dan dikenal banyak orang. Bahkan, tarian ini telah punya type yang berbeda-beda. Salah satu yang paling kondang yaitu type Maxixe, gerakan tari yang sama bersama dengan tango.

Tari Samba semakin kondang sejak klub Samba yang dikenal sebagai escolas de samba atau sekolah Samba didirikan di Rio terhadap akhir 1920-an. Para bagian klub bakal berlatih selama berbulan-berbulan untuk tampil dalam parade karnaval Brasil yang diadakan secara rutin.

Sampai saat ini, samba punya banyak variasi gerakan yang sesuai bersama dengan budaya tiap-tiap daerah. Ada pula semacam samba ballroom, di mana pasangan menari bersama dengan type gabungan waltz dan tango.

Selain di Brasil ataupun Amerika Latin, tari Samba kini telah dikenal di bermacam penjuru dunia. Tak sedikit pula orang yang terhubung kursus tari Samba untuk memperkenalkan tarian ini kepada generasi-generasi baru.